CARA MEMASANG HID+PROJECTOR PADA MOTOR

MATERIALS :

HID
1 atau 2 unit HID projector
– karena motor saya mempunyai 2 reflektor, supaya tidak berat sebelah, saya juga menggunakan 2 projector. Pilihan projector jatuh kepada projector morimoto mini h1, karena setelah melakukan beberapa experiment dengan beberapa projie oem, projie ini (walaupun bukan oem) mempunyai beam pattern yang sangat baik! Bersih dan tebal. Serta mempunyai dimensi yang sangat kecil dan sangat bersahabat dengan reflector roda dua yang mungil-mungil.

ELECTRICITY
5. Relay Hella 30A + rumahnya
6. Sekring 10A + rumahnya
7. Perkabelanl +&- yang lumayan tebel
8. Solder + timah
9. Lakban Bakar & Lakban listrik
10. Regulator HID + sedikit modifikasi sepul

TOOLS
1. SAFETY KIT!
-Kacamata pelindung! bisa dengan mudah kita dapatkan di giant/hypermart/diamond

-masker! Murah kok, Cuma sekitar 10ribuan. Berfunsi banget waktu lagi motong-motong. Debunya gak tahan soalnya.
– Sarung Tangan! Yang ada aja dirumah…, walaupun beli juga paling Cuma 10ribu perak. Berfungsi sewaktu lagi ngeratain heatgun…, rumah lampu jadi panas banget soalnya.

2. Heat Gun
– ini nih senjata paling penting dalam retrofit untuk ngebuka reflector. Kalo untuk user sendiri sih, yang melakukan retrofit sekali-sekali, lebih baik beli aja heat gun yang murah,

3. Rotary Tool
– ini juga senjata kedua yang penting untuk mempermudah pekerjaan retro kita, dikenal juga dengan nama “mini grinda” karena memang fungsinya sebagai grinda dengan ukuran yang kecil.

4. 2 Unit Obeng minus berukuran besar

5. Beberapa set lem epoxy hitam

6. Lem epoxy clear

7. Cat semprot (pilox) yang kuat terhadap panas

8. Seng tipis yang biasa digunakan untuk menutupi pagar

Yup… Mari kita mulai langkah-langkah retrofitnya…
1. REFLECTOR PREPARATION
Cabut rumah lampu reflektor dari motor kita. Beda merek dan jenis motor juga mempunyai cara yang unik untuk mencabut reflektornya, jadi gak perlu kita bahas yah…
yang perlu kita bahas adalah setelah rumah reflektor dicabut dari motor.
Bilamana kita masih mempunya budget lebih untuk proses retrofit motor, gak ada salahnya kita membeli reflector original yang baru dikarenakan harga reflector motor yang relative lebih murah, dan juga, selama proses berlangsung, kita bisa tetap menggunakan motor untuk kegiatan sehari-hari.

2. Perhatikan di sekliling rumah lampu, apakah ada pengait mika / baut yang harus dilepas terlebih dahulu sebelum membuka mika reflector, umumnya pengait mika pada reflector lampu menjadi satu dengan rumah lampunya.Gunakan  heatgun untuk memanasi pengait mika depan ini. Tembakkan hawa panas heatgun dengan sangat hati-hati! Bilamana terlihat pengait sudah mulai melunak, langsung gunakan obeng minus kecil untuk membuka / melengkukan pengait, agar nanti mika bisa melepaskan diri dari rumah lampu dengan mudah.

3. Bila kita sudah yakin tidak ada lagi penghambat mika untuk memisahkan diri dengan rumah lampu, kita bisa memulai ritual heatgun untuk melunakkan lem pelekat mika dan rumah lampu. Pabrikan menggunakan lem yangmenempelkan sekaligus sebagai sealant mika reflektor. Lem tersebut ternyata tidak tahan panas…, dan bila dipanaskan sampai lebih dari +-100 derajat, lemnya akan melunak kembali. Tembakkan heatgun pada sekeliling mika dengan perlahan sampai panasnya merata. Bilamana rumah lampu sudah cukup panas, sekarang gunakan obeng minus yang besar dengan bantuan beberapa temannya untuk mencongkel mica dari rumah lampu…, AWAS! Ada kemungkinan rumah lampu / mika ikut-ikutan lembek, jadi congkel dengan perlahan dan hati-hati. Perhatikan juga sisa lem yang menempel pada pinggiran mika jangan sampai jatuh pada mika, karena membersihkannya butuh perjuangan extra. (PERHATIAN : Jangan mencabut / membersihkan sisa-sisa lem yang ada di ujung sekeliling rumah lampu & mika reflektor! Karena kita akan memerlukannya lagi nanti waktu menutupnya kembali!)
Perlu diperhatikan juga disini bahwa mika dan rumah lampu milik roda dua mempunyai ketahanan dibawah rumah lampu yang dimiliki oleh roda 4. Jadi sewaktu kita menembakkan heatgun disekeliling rumah lampu, jangan sampai angin panasnya hanya focus terhadap 1 titik dalam waktu lebih dari 10detik! Reflector yang dimiliki oleh roda 2 sangat mudah untuk melunak baik rumah lampu ataupun mikanya. Bahkan menurut saya, masih lebih mudah membuka rumah lampu yang dimiliki oleh mobil daripada motor.

4. Setelah mika terlepas dari rumah lampu, sekarang kita bisa memulai pemotongan reflector agar bisa ditanamkan projector didalamnya. Trik utama dari retrofit sebenarnya hanya memasangkan projector pada reflektor yang ada. Tapi prosesnya itu yang agak sulit. Untuk menggabungkannya kita perlu memotong bagian belakang reflektor agar bisa dimasuki oleh pantat projector. Sebelum melakukan pemotongan, tandai dulu bagian yang akan dipotong dengan spidol agar bisa meminimalisasikan kesalahan potong. Sesuaikan dengan besar pantat projector. Lalu gunakan rotary tool dengan acc pemotong untuk membelah bagian blakang reflector dengan perlahan. Jangan memtong reflector langsung besar. Tapi sedikit demi sedikit sambil menyocokkannya dengan projector. Karena sekali reflector sudah terpotong, gak akan ada jalan balik untuk menyatukkannya kembali .

5. Karena sangat terbatasnya reflector CS1 yang mungil ini serta nafsu saya untuk tetap memasang 2 projector padareflektor kembar cs1 ini, saya memotong habis pantat reflector. Untuk kasus saya, projector tidak bisa ditanamkan dari depan, tetapi harus dari belakang dengan cara menyelipkan lensanya saja. Beruntung dibagian belakang reflector, masih banyak space kosong bila reflector kembali dipasangkan pada motor.

6. Setelah dirasa letak projector tidak lagi menjadi masalah, cabut kembali projectornya, lalu buat lobang yang sama pada reflector kembaran disampingnya. Ratakan bekas potongan dengan menggunakan acc amplas pada rotary tool.

7. Untuk menutupi bekas potongan yang kurang nak dipandang, sebaiknya bagian chrome reflector dicat. Untuk cat saya memilih warna hitam…, mengapa? Karena modifikasi HID projector pada reflector (retrofit) tidak seperti projector yang sudah dipasang oleh pabrikan yang memang sudah memperhitungkan dengan matang aliran cahaya yang keluar dari projector. Warna hitam mempunyai sifat menyerap cahaya dan tidak memantulkannya bilamana ada cahaya dari bohlam HID yang bocor kearah bagian dalam reflektor. Jadi tetap akan terlihat dari luar sumber cahaya hanya berupa titik kecil tapi bisa menerangi jalan dari ujung ke ujung dengan sangat baik.Rumah lampu pada motor mempunyai ukuran yang sangat mini. Bilamana keseluruhan berwarna hitam, terlihat kurang bagus. Agar rumah lampu tetap terlihat elegan, tetap mempertahankan chrome again luar yaitu pada bagian tengah dan ujung di kedua sisi kanan dan kiri. Wah… susah deh kayanya nih kalo ngecat stengah-stengah. Gak kok, triknya adalah dengan menempelkan isolasi kertas pada bagian yang tetap kita ingini berwarna chrome. Lalu kita bisa dengan mudah menyemprotkan cat tanpa kuatir bagian chrome akat ikut terkena cat.

8. Potong-memotong sudah selesai, sekarang kita balik ke projectornya. Tipe projector MH1 mempunyai khas yang sama seperti projector milik BMW yang tidak tertutup semuanya. Jadi akan terlihat kurang bagus apabila dipasang apa adanya. Sementara bila kita ingin menggunakan shroud untuk menutupi aliran cahaya yang tidak diinginkan, luasnya reflector dijamin kurang bersahabat. Untuk itu saya mencoba untuk mengakalinya dengan menggunakan seng tipis yang biasa digunakan untuk menutupi pagar. Gunting seng seukuran dengan lobang disekeliling projector, dan lem menggunakan lem epoxy hitam. Lalu cat seng berwarna hitam kembali agar mempunyai warna yang sama dengan reflector.

9. Ahhh, semua yang sulit sudah dilalui sekarang tinggal kimpoikan projector kedalam reflector dengan memasukkan kepala projector (lensa) memlalui pantat reflector, lalu lem dengan lem epoxy 5 minutes berwarna hitam di sekeliling bowl projector dan pantat reflector. Tapi lem sedikit dulu saja. Lem hanya bagian ujung saja, dan hanya sekadar pegangan sementara pada reflector. Karena kita harus memastikan beam pattern yang dihasilkan rapih.

10. Pasangkan kembali rumah lampu yang baru setengah jadi ini pada motor tanpa memasang mica, rakit perkabelannya, dan coba nyalakan hidnya. Untuk mengatur beam pattern retrofit di reflector motor dibutuhkan usaha yang sedikit lebih banyak daripada retrofit projector pada reflector mobil. Karena pada umumnya, reflector di motor hanya bisa di adjust vertical naik dan turun. Tidak bia diadjust untuk bergerak horizontal kekanan dan kekiri. Nah jadi kita sudah harus menadjust beam pattern horizontal sebelum projector di lem pasti pada reflector. Caranya dengan mencari tembok rata, lalu standar dua motor kita menghadap dinding tersebut sejauh 10m-15m. nyalakan hid projectornya, atur letak projector dan pastikan garis cut off beam pattern rata dari kanan ke tengah, lalu naik sedikit dan kembali rata dari tengah kekiri. Bilamana motor kita menggunakan 2 unit projector, pastikan juga cut off beam pattern projector kanan dan kiri segaris.setelah dirasa hasil beam pattern cukup baik, perkuat lem epoxy pada projector dan reflector langsung TANPA melepas rumah lampu dari motor terlebihdahulu.
tunggu sekitar stengah jam sampai lem epoxy benar-benar kering, lalu coba bawa jalan motor keliling kompleks untuk memastikan hasil beam pattern sesuai dengan keinginan kita. Bilamanan cut off terlalu tinggi atau terlalu rendah, kita bisa mengaturnya melalui baut dibagian bawah reflector (generally).

11. Yup bilamana dirasa hasil beam pattern sudah memuaskan, lepas kembali rumah lampu untuk finishing.
Perkuat kembaliu lem epoxy pada sekeliling bowl projector dan pantat reflector. Pastikan projector kokoh didalam rumah lampu. Lalu gunakan sealant silicon antipanas berwarna hitam pada daerah yang masih berlubang dibagian belakang reflector agar air tidak bisa masuk kedalam bagian rumah lampu atau projector.

Tambahkan angel eyes bila diinginkan untuk menambah kesan chantiq pada projector.
Sebelum memasang mika kembali pada rumah lampu, bersihkan dulu lensa projector dan mika bagian dalam, pastikan tidak ada setitik kotoranpun, lalu pasangkan mika dengan cara kebalikan dari pelepasannya.Tembakkan heatgun disekeliling rumah lampu untuk kembali melunakkan lem bawaan pabrikan sambil dibantu tekan dengan tangan pada sekeliling mika dan rumah reflector. Jangan lupa untuk meratakan penjepit mika di rumah lampu yang kita bengkokan pada saat pembukaan mika kembali menggunakan heatgun dan batuan obeng minus.

12. Apabila kita tidak yakin akan kerapatan reflector dengan mika, kita boleh menggunakan sealent disekeliling mika untuk lebih memastikan tidak akan ada air yang bisa menyelinap kedalam rumah lampu.

13. Ahh… akhirnya jadi juga proses retrofit saya

Sekarang tinggal kembalikan rumah lampu yang sudah ter-retrofit kepada motor tercinta. Pasang kembali semua perlengkapan body motor, ah… saatnya JJM (jalan-jalan malem).

One thought on “CARA MEMASANG HID+PROJECTOR PADA MOTOR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s